Profil Zamrud On-Line

  1. Zamrud On-line

Paradigma pemberdayaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang secara teritorial telah diwujudkan oleh pemerintah melalui UU Nomor. 2 dan Nomor 25 tahun 1999 yang menguraikan tentang kesungguhan pemerintah untuk memberdayakan daerah (masyarakat) sebagai penentu dan perencana pembangunan di segala bidang yang diperlukan daerah.

Sumber daya manusia yang menjadi tiang utama dalam pembangunan tersebut tentunya sangat perlu diperhatikan mengingat masih banyaknya jumlah orang putus sekolah bahkan yang tidak pernah mengenyam pendidikan sama sekali.

Upaya dalam pelaksanaan pembangunan bukan menjadi peranan pemerintah semata melainkan bagian integral dari masyarakat sendiri, melalui berbagai komponen masyarakat (lembaga/organisasi) guna tercapainya cita-cita pembangunan yang strategis, sinergis dan transparan sesuai harapan semua pihak.

Zamrud On-Line yang merupakan salah satu lembaga sosial dengan salah satu tujuannya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dalam setiap aspek pembangunan sehingga terwujudnya kehidupan berbangsa dan bernegara yang seimbang dalam membangun peradaban.

  1. Visi Lembaga

“Pemberdayaan potensi masyarakat secara profesional, transparansi dan sinergisitas.”

  1. Misi Lembaga
    1. Meningkatkan peran pendidikan sebagai manifestasi pengembangan sumber daya manusia dengan fokus program pada jalur pendidikan non formal.
    2. Memperjuangkan keadilan dan kesetaraan gender.
    3. berperan aktif dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan.
    4. Mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam berbagai aspek pembangunan melalui pendidikan kritis dan ilmiah.
    5. Mengontrol dengan aktif segala kegiatan pemerintahan yang berhubungan langsung maupun tidak langsung terhadap kepentingan masyarakat.
    6. turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan.

  1. Struktur Lembaga

Struktur lembaga Zamrud on-line dapat dijabarkan seperti pada bagan gugus tugas dan tanggungjawab berikut:

  1. Program Lembaga

Program-program kerja lembaga pada dasarnya ialah mencakup segala kegiatan yang mencerminkan visi serta misi lembaga itu sendiri, maka dari itu program kerja Zamrud On-Line secara singkat dapat dirangkum sebagai berikut:

    1. Pemberantasan buta aksara terutama di wilayah domisili warga dampingan lembaga Zamrud On-Line yakni (salah satunya) melaui program Keaksaraan Fungsional.
    2. Peningkatan kualitas individu bagi generasi muda khususnya yang putus sekolah melalui pendidikan kecakapan hidup (life skill).
    3. Pemberdayaan peran pemuda di segala bidang ilmu dalam upaya mendukung sekaligus menjembatani peningkatan kreativitas mereka (pemuda/remaja).
    4. Sosialisasi keadilan dan kesetaraan gender.
    5. Melakukan penelitian-penelitian sosial yang mendukung percepatan pembangunan khususnya pembangunan sumber daya manusia.

  1. Informasi Kontak Lembaga

Nama Lembaga : Zamrud On-Line

Alamat Pos : Jl. Kom Yos Sudarso No. 79C

Telepon Kantor : (0561) 7010001

Kontak Personal :

1. Nining Meutia (08125699762)

2. Linda Novianti (08125729257)

Website : http://www.zamrudline.blogspot.com

email : zamrudonline@yahoo.co.id

Rekening Lembaga : Zamrud On-Line

10.421.01.63748-0

Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat

Demikian profil mengenai lembaga kami ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat menjadi perkenalan awal bagi siapa saja yang ingin mengetahui tentang lembaga kami, semoga dapat menjadi informasi yang berguna bagi pihak-pihak yang terkait.